Pengumuman Terbaru


LOMBA ESAI DAN VLOG SEJARAH 2023

19 Juni 2023 - 26 Agustus 2023


PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI CRITA CEKAK 2022

26 Desember 2022 - 31 Desember 2022


PENGUMUMAN LOLOS SELEKSI GEGURITAN BERAKSARA JAWA 2022

26 Desember 2022 - 31 Desember 2022


PENGUMUMAN LOLOS ESAI BERBAHASA JAWA 2022

26 Desember 2022 - 31 Desember 2022


LOMBA ESAI SEJARAH 2022

19 Agustus 2022 - 20 Oktober 2022


PENGUMUMAN KEJUARAAN FESTIVAL DALANG ANAK DAN REMAJA DIY TAHUN 2022

by Operator Berita (Pelatihan) || 08 Juli 2022 || 07 Juli 2022 - 21 Juli 2022 || 2.097 kali

...

         Seni Pedalangan adalah salah satu cabang seni pertunjukan tradisional dengan media wayang yang didalamnya memuat tontonan, tatanan dan tuntunan dalam kehidupan manusia bermasyarakat dan berbangsa. Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) senantiasa berupaya membina dan mengembangkan budaya daerah dalam upaya menjaga identitas ketahanan budaya dengan menunjukan nilai-nilai tradisi setempat, sungguhpun dalam perwujudannya telah disesuaikan dengan kondisi jaman. Potensi seni budaya yang hidup dan berkembang di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan warisan yang patut kita lestarikan dan kembangkan di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yang seharusnya kita tularkan kepada generasi muda.

           Pada tahun ini, upaya pelestarian dan pengembangan seni pedalangan yang sudah dilaksanakan salah satunya adalah melalui kegiatan Pembinaan Pedalangan berupa Workshop Pedalangan, bekerjasama dengan Pepadi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk terus melakukan proses regenerasi dalang, pengrawit dan sinden di Daerah Istimewa Yogyakarta. Festival Dalang Anak, Dalang Remaja Pentas Wayang Kulit dan Wayang Golek ini menjadi tindaklanjut sekaligus bagian dari ekspresi yang muncul sebagai hasil pembinaan yang telah dilakukan. Selain itu, diharapkan melalui festival ini diharapkan mampu menjadi bagian publikasi serta pergelaran sajian seni pedalangan Gagrag Ngayogyakarta.

            Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta kerjasama dengan Pepadi Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan seleksi Dalang Anak, Dalang Remaja Pentas Wayang Kulit dan Wayang Golek dalam rangka regenerasi seniman pedalangan serta memberikan motivasi dan membangkitkan kreatifitas serta kecintaan generasi muda terhadap seni pedalangan. Festival Dalang Anak, Dalang Remaja Pentas Wayang Kulit dan Wayang Golek se Daerah Istimewa Yogyakrta ini dilakukan setelah Kabupaten/Kota melakukan seleksi di tingkat Kabupaten/kota, sehingga peserta Festival Dalang Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan peserta hasil seleksi Tingkat Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seleksi ini dilakukan secara bertahap dari tingkat Kabupaten, menuju Daerah Istimewa Yogyakarta.

            Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan, juga sebagai media pelestarian pengembangan seni pedalangan, sekaligus memberikan peluang bagi organisasi seni khususnya pedalangan di masyarakat untuk lebih mengembangkan bakat dan keterampilannya demi kemajuan kesenian tradisional, Oleh sebab kegiatan ini dilaksanakan di masa pandemi, pergelaran ini dilaksanakan tanpa menghadirkan penonton serta senantiasa mematuhi ketentuan protokol kesehatan covid-19. Para pengemar seni pedalangan dapat menyaksikan melalui kanal Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 4-7 Juli 2022.


Lampiran
BA Fesdal 2022.pdf
File size : 450.57 KB


Copyright@2024

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta