Tentang WKM



Some lorempixel image

Pada bulan September tahun 2012, bapak Gubernur DIY menyampaikan kepada pengurus Barahmus bahwa Pemerintah Daerah akan mendukung sekolah yang akan berkunjung ke museum.

Ide ini muncul ketika bapak Gubernur melakukan kunjungan kerja di wilayah kabupaten Gunung Kidul yang salah satu yang dikunjungi adalah sekolah dasar yang lokasinya berada di kawasan terpencil. Salah satu dialog dengan kepala sekolah dari sekolah dasar tersebut adalah menanyakan apakah sekolah tersebut sudah pernah menjadikan museum sebagai tempat pembelajaran.Kepala sekolah tersebut dengan gamblang menyampaikan keinginannya untuk menjadikan museum sebagai salah satu tempat pembelajaran, namun sekolah kesulitan dengan kebutuhan biaya mulai transportasi hingga tiket masuk karena mayoritas siswanya adalah berasal dari keluarga pra sejahtera. Melihat kondisi tersebut, bapak gubernur menyampaikan bahwa pemerintah daerah DIY akan mendukung sekolah yang akan mengunjungi museum melalui pegadaan bus dan didukung kegiatan dari Dinas Kebudayaan DIY. Pada akhir tahun 2012, 2 bus langsung dipesan melalui proses e katalog untuk kegiatan Wajib Kunjung Museum tahun 2013, dan 2 bus berikutnya di tahun 2014.

WKM merupakan kependekan dari Wajib Kunjung Museum. WKM merupakan program yang dicetuskan oleh pemerintah DIY untuk menjadikan museum sebagai salah satu pusat pembelajaran, penelitian dan rekreasi bagi pelajar di DIY. WKM adalah salah satu sub kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY sejak tahun 2013 sd. Sekarang.

Museum sebagai salah satu Pusat Pembelajaran, Penelitian dan Rekreasi mempunyai peran dalam mengembangkan wawasan terutama di kalangan pelajar sehingga museum diharapkan mempunyai peran lebih dalam mendukung proses belajar mengajar. Sebagai salah satu bentuk nyata peran Pemerintah Daerah terhadap proses belajar di museum ini, maka dimunculkanlah sub kegiatan Wajib Kunjung Museum. Wajib dalam hal ini adalah ditujukan kepada Pemerintah dalam hal ini Pemda DIY untuk memfasilitasi sekolah-sekolah agar melaksanakan salah satu kegiatan di luar sekolah dalam bentuk Kunjung Museum.





Copyright@2019

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta