Masjid Agung (Masjid Gedhe)

by admin|| 05 Maret 2014 || 67.052 kali

...


              Suatu lingkungan binaan dibuat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, misalnya kebutuhan religius dan sosial budaya. Oleh karena itu secara fisik rakit pusat kiota kerajaan Islam juga dilangkapi dengan tempat ibadah.

Dalam hal kota Yogyakarta tempat ibadah itu adalah Masjid Gedhe Kauman yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Utara. Secara simbolis hal itu merupakan langkah transendensi untuk menunjukkan keberadaan sultan, yaitu disamping sebagai pimpinan perang atau penguasa pemerintahan (senapati ing ngalaga), juga sebagai sayidin panatagama khalifatullah (“wakil Allah”) di dunia di dalam memimpin agama (panatagama) di Kesultanan.

              Masjid Gedhe Kauman dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwana I, dengan K.Wiryokusumo sebagai arsiteknya. Adapun pengulu pertamanya yaitu Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Secara umum Masjid Gedhe Kauman mempunyai ciri yang sama dengan masjid-masjid kuno lain di Jawa yaitu beratap tumpang tiga dengan mustoko, berdenah bujur sangkar, mempunyai serambi, mempunyai pawestren, serta mempunyai kolam di tiga sisi masjid. Namun, Masjid Gedhe Kauman mempunyai ciri-ciri unik diantaranya mempunyai gapura depan berbentuk semar tinandhu, di halaman depan terdapat sepasang bangunan pagongan untuk tempat gamelan sekaten, mustakanya dihiasi stiliran daun kluwih, di halaman terdapat pohon sawo kecik, dan masih mempunyai maksurah meskipun tidak difungsikan lagi. Sebagai suatu bangunan suci, komponen-komponen masjid Agung ada yang selain bersifat fungsional juga mempunyai aspek simbolik. Komponen tersebut misalnya atap yang bertumpang tiga dimaknai sebagai simbol Iman-Islam-Ihsan, dan atap tumpang yang menyatu di satu titik melambangkan keesaan Allah SWT.

              Didalam perjalanan sejarahnya Masjid Gedhe Kauman mengalami beberapa peristiwa, diantaranya gempa bumi besar yang merusakkan sebagian bangunannya, perbaikan-perbaikan, maupun penambahan dan pengurangan. Salah satu contoh perubahan itu adalah saat ini di sekeliling masjid (utara – timur – selatan) sudah tidak ada kolam sebagaimana kondisi awalnya.

              Masjid Gedhe Kauman sebagai masjid jami’ kerajaan mempunyai fungsi sebagai tempat beribadah, tempat upacara-upacara keagamaan, pusat syiar agama, dan tempat penegakan tata hukum keagamaan. Pagongan di halaman masjid – sisi utara untuk gamelan Kyai Nogowilogo dan selatan untuk Kyai Gunturmadu – berkaitan erat dengan fungsi masjid untuk upacara ritual keagamaan dan syiar agama, yaitu sekaten pada bulan Maulud untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Perlu diketahui bahwa selain dibunyikan gendhing-gendhing dalam upacara Sekaten juga diadakan grebeg dengan gunungannya yang prosesinya dimulai dari kraton dan diakhiri di lingkungan Masjid Gedhe. Perpaduan unsur seni-budaya untuk da’wah tersebut sudah berkembang sejak zaman kerajaan Demak pada abad ke-16 dan terus berlanjut samapi sekarang. Adapun penegakan hukum dimanifestasikan dengan pengadilan Surambi untuk urusan perdata, perkawinan dan warisan.

              Untuk  mengungkap masa pembangunan masjid, dan beberapa peristiwa yang terjadi pada Masjid Gedhe Kauman ada prasasti-prasasti dalam huruf dan bahasa Arab maupun Jawa di lingkungan masjid yang menceritakannya.

              Seluruh kompleks Masjid Gedhe dikelilingi oleh pagar tembok tinggi dan di sebelah utaranya terdapat Dalem Pengulon yaitu tempat tinggal serta kantor abdi dalem pengulu, serta di sebelah barat masjid ada beberapa makam, diantaranya makam Nyai Ahmad Dahlan. Abdi dalem pengulu inilah yang membawahi para abdi dalem bidang keagamaan lainnya, seperti abdi dalem pamethakan, suronoto, modin. Kawasan di sekitar masjid tersebut merupakan pemukiman para santri ataupun ulama. Pemukiman tersebut dikenal dengan nama Kauman, dan Suronatan. Dalam perjalanan historis Yogyakarta, kehidupan religius di kampung tersebut menjadi inspirasi dan tempat yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya gerakan keagamaan Muhammadiyah pada tahun 1912 M yang dipimpin oleh KH. A. Dahlan.

 

Artikel Terpopuler


...
Istilah - Istilah Gamelan dan Seni Karawitan

by admin || 07 Maret 2014

Ada-ada. Bentuk lagu dari seorang dhalang, umumnya digunakan dalam menggambarkan suasana yang tegang atau marah, hanya diiringi dengan gender.    Adangiyah. Nama dari jenis ...


...
Istilah- Istilah Gerakan Tari  Gaya  Yogyakarta

by admin || 05 Maret 2014

Ngithing. Posisi tangan dengan mempertemukan ujung jari tengah ibu jari membentuk lingkaran, sedangkan jari-jari lainnya agak diangkat keatas dengan masing-masing membentuk setengah ...


...
Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo

by admin || 04 Maret 2014

Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo. Dilahirkan pada tanggal 22 Maret 1899 di Yogyakarta Putera Ngabehi Prawiroreso ini pada tahun 1909 tamat Sekolah Dasar di Gading dan Tahun 1916 masuk menjadi abdi ...



Artikel Terkait


...
Layanan Pengadaan Secara Elektronik 2012

by admin || 30 Juli 2013

.



...
PENINGKATAN KUALITAS KOTA PUSAKA (YOGYAKARTA)

by admin || 19 September 2013

.





Copyright@2024

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta