MUSEUM JOGJA UNTUK INDONESIA DAN DUNIA TALKSHOW PEMILIHAN DUTA MUSEUM DALAM ACARA CITRA JOGJA

by admin|| 08 Januari 2020 || || 287 kali

...

Acara talkshow Citra Jogja di stasiun Jogja TV pada Hari Senin, 6 Januari 2020 kali ini mengusung topik mengenai Pemilihan Duta Museum Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Kebudayaan Bapak Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si, perwakilan Barahmus DIY Bapak V. Agus Sulistya, M.A. dan perwakilan dari Ikatan Duta Museum Dr.Ayu Helena Cornellia. “Museum Jogja untuk Indonesia dan Dunia” menjadi pilihan tema besar pemilihan Duta Museum kali ini. Hal ini dijelaskan oleh Bapak Kepala Dinas bahwa museum di DIY mempunyai potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik. Salah satu wujud kehadiran dan dukungan pemerintah adalah menyelenggarakan Pemilihan Duta Museum yang nantinya tidak hanya menjadi agen promosi museum akan tetapi juga menjadi agen perubahan bagi museum-museum di DIY. Pemilihan Duta Museum kali ini dimulai dengan poses pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 6 – 17 Januari 2020. Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara online ke website Dinas Kebudayaan DIY beralamatkan di www.budaya.jogjaprov.go.id dan membawa berkas ke sekertariat Pemilihan Duta Museum DIY 2020 di Dinas Kebudayaan DIY.

Sedikit berbeda dengan pemilihan Duta Museum 2017 yang lalu, kali ini peserta akan diseleksi menjadi 36 besar yang nantinya akan bertugas menjadi ambassador di 36 museum di DIY. Dari 36 besar ini akan dipilih 10 peserta terbaik yang telah melalui proses penilaian dan pembekalan. Kesepuluh finalis inilah yang nanti akan mengikuti malam puncak inagurasi pada tanggal 9 Februari 2020 dan akan dipilih 3 peserta terbaik untuk menjadi juara 1, 2 dan 3. Total hadiah yang diperebutkan adalah sebesar 47 Juta Rupiah dan peserta yang lolos dalam 36 besar akan bertugas menjadi ambassador di 36 museum dan mendapatkan honor tiap bulan. Kegiatan yang didanai dengan Dana Keistimewaan DIY ini bertujuan untuk menjaring talenta muda dari generasi masa kini untuk mampu mengangkat citra museum kepada generasi muda. Sebagai agen yang bertugas mempromosikan museum, para duta museum ini diharapkan untuk bisa melakukan inovasi dan perubahan agar potensi museum di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi lebih optimal.

Bapak Agus dari Barahmus dan Ibu Ayu dari Ikatan Duta Museum sangat mendukung kegiatan pemilihan Duta Museum 2020 ini karena mempunyai manfaat besar tidak hanya bagi museum akan tetapi juga bagi masyarakat. Barahmus dan Ikatan Duta Museum akan terlibat dalam pemilihan Duta Museum dalam proses seleksi. Ke depannya, Duta Museum akan bersinergi dengan Teman-teman Duta Museum dari beberapa angkatan sebelumnya yang telah selesai masa tugasnya maupun komunitas-komunitas yang mempunyai perhatian kepada museum. Sehingga diharapkan akan akan tercipta inovasi-inovasi baru dalam mempromosikan museum-museum di Daerah Istimewa Yogyakarta.(ran, pb)

Artikel Terpopuler


...
Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo

by admin || 04 Maret 2014

Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo. Dilahirkan pada tanggal 22 Maret 1899 di Yogyakarta Putera Ngabehi Prawiroreso ini pada tahun 1909 tamat Sekolah Dasar di Gading dan Tahun 1916 masuk menjadi abdi ...



...
Raden Wedono Larassumbogo

by admin || 04 Maret 2014

Raden Wedono Larassumbogo, putra kedua dari R. Sosrosidurejo ini dilahirkan di Kampung Bumijo Yogyakarta  pada tanggal 27 Juli 1884 atau 12 Dulkongidah wawu 1813. Pada masa kecilnya bernama ...



Artikel Terkait


Tidak ada artikel.



Copyright@2020

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta