Pentingnya Air Bagi Tubuh Kita

by museum|| 27 Juli 2023 || || 15.248 kali

...

Air merupakan bagian penting bagi kehidupan, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi. Manusia umumnya memperoleh air dari minuman, makanan, dan hasil metabolisme dalam tubuh. Namun 70-80% kebutuhan air minum tercukupi lewat minuman. Manusia dapat bertahan hidup selama lebih dari 3 minggu tanpa makanan sama sekali, sedangkan hanya mampu bertahan hidup 3 hari tanpa air. Air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Tentu saja banyak faktor seperti kebutuhan cairan individual yang dipengaruhi usia dan berat badan, seberapa banyak konsumsi cairan dan pemakaian cairan tubuh, suhu dan aktivitas fisik. Bagi orang dewasa sendiri, laki-laki dianjurkan untuk minum sebanyak 2 liter (8 gelas) per hari dan perempuan sebanyak 1,75 liter (7 gelas) per hari. Namun, keadaan ini dapat dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti aktivitas fisik dan kondisi kesehatan masing-masing individu. Sebenarnya, seberapa pentingkah air? Apa saja sih, alasan air penting untuk tubuh kita?

 

 

Mengapa air penting bagi tubuh kita?

  1. Produksi Air Liur (Saliva)

Air adalah komponen utama penyusun air liur. Saliva mengandung sedikit garam elektrolit, lendir, dan enzim. Saliva dibutuhkan untuk memecahkan makanan padat dan mempertahankan kesehatan mulut. Tubuh kita dapat memproduksi saliva yang cukup jika konsumsi cairan kita cukup. Produksi saliva akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, juga beberapa jenis obat-obatan atau terapi.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Ketika kita melakukan aktivitas fisik dan berada pada lingkungan yang panas, tubuh kita akan berkeringat. Keringat ini juga merupakan cara untuk mempertahankan suhu tubuh tetap dingin. Ketika kita tidak cukup minum air, suhu tubuh kita dapat meningkat dan kadang-kadang terasa seperti demam. Jadi, saat melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan keringat lebih banyak daripada biasanya, kita harus memastikan cukup mengonsumsi air supaya tidak terjadi dehidrasi.

  1. Air Berfungsi untuk Lubrikasi/Pelumas yang Melindungi Jaringan, Persarafan Tulang Belakang, dan Persendian.

Konsumsi air yang cukup akan menyediakan cairan yang cukup untuk melindungi bagian persendian, saraf tulang belakang, dan jaringan. Pelumas yang cukup akan mendukung kegiatan aktivitas fisik dan mengurangi rasa tidak nyaman pada kondisi seperti radang sendi.

  1. Tubuh Kita Menggunakan Air untuk Membuang Sisa Metabolisme melalui Pernafasan, Urin, dan Buang Air Besar.

Ketika kita berkeringat, kita membutuhkan air untuk menggantikan cairan yang terbuang dari keringat. Air yang cukup juga diperlukan untuk mencegah konstipasi (sembelit) sehingga bisa buang air besar teratur. Organ ginjal kita juga menggunakan air untuk proses filtrasi. Cukup air akan membantu kerja ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

  1. Air Memaksimalkan Performa Fisik

Konsumsi air yang cukup selama aktivitas fisik atau olahraga sangat penting. Atlet dapat mengalami kehilangan cairan 6-10% dari berat badannya selama melakukan aktivitas fisik. Air yang cukup akan mempengaruhi kinerja otot, kekuatan dan ketahanan seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Olahraga dengan intensitas tinggi seperti basket memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjadi dehidrasi. Olahraga intensitas tinggi di tengah udara dan cuaca panas, tanpa konsumsi air dapat berdampak serius: tekanan darah rendah dan hipertermia (suhu tubuh yang meningkat). Dehidrasi ekstrim dapat menyebabkan kejang dan bahkan kematian.

  1. Mencegah Konstipasi

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk sumber serat bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah konstipasi/sembelit. Konsumsi air yang cukup juga sangat penting untuk kelancaran saluran cerna, air yang cukup akan membantu pergerakan makanan dalam usus. JIka mengalami sembelit, cobalah untuk mengonsumsi air terlebih dulu.

  1. Membantu Proses Pencernaan

Air yang diminum saat sebelum, sesudah maupun pada saat makan, dapat membantu tubuh untuk memecahkan makanan lebih mudah. Dengan demikian, zat gizi yang berasal dari bahan makanan juga akan diserap tubuh dengan lebih efektif.

  1. Membantu Absorpsi Zat Gizi

Selain membantu proses pemecahan makanan, air juga membantu kelarutan vitamin dan mineral dari bahan makanan yang kita konsumsi. Setelah itu, air juga membantu menghantarkan komponen vitamin ini ke seluruh tubuh.

  1. Menjaga Berat Badan

Beberapa penelitian sudah membuktikan, efek air putih yang cukup dapat membantu seseorang menjaga berat badannya.

  1. Meningkatkan Sistem Pertahanan atau Kekebalan Tubuh

Konsumsi air yang cukup dapat mengurangi atau mencegah beberapa penyakit seperti konstipasi, batu ginjal, asma akibat olahraga, infeksi saluran kemih, juga hipertensi.

  1. Meningkatkan Produksi Energi

Air yang cukup akan mempengaruhi energi yang kita hasilkan dalam tubuh. Air dapat mengaktivasi metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi 500 ml air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%.

  1. Berperan dalam Fungsi Kognitif Otak

Hidrasi cairan merupakan kunci untuk memiliki fungsi kognitif yang baik. Dehidrasi akan mengakibatkan kurangnya fokus, tidak mengantuk, dan gangguan memori jangka pendek.

 

 

 

  1. Membantu dalam Menjaga Mood

Air juga berperan dalam fungsi kognitif otak. Kurangnya konsumsi air, dehidrasi, akan mengganggu mood. Dehidrasi dapat menyebabkan perasaan lelah, bingung dan cemas.

  1. Membantu dalam Mencegah Proses Penuaan

Air yang cukup akan menjaga hidrasi kulit. Selain itu, air juga akan membantu dalam proses pembentukan kolagen. Namun, air saja tidak cukup untuk mencegah proses penuaan. Proses ini juga dipengaruhi gen, juga proteksi terhadap sinar matahari.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah hasil ketika kita tidak mengonsumsi cairan yang cukup. Dehidrasi berat dapat berakibat sangat berbahaya, antara lain: pembengkakan ukuran otak, gagal ginjal, juga kejang.

Nah, setelah mengetahui pentingnya air bagi tubuh kita. Lalu kualitas air yang seperti apa yang baik bagi tubuh kita? Menurut departemen kesehatan RI, syarat air minum yang baik untuk dikonsumsi, antara lain: tidak bau, tidak berasa, bersih, jernih, dan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Faktanya air yang kita minum dapat mencapai pembuluh darah dalam waktu 5 menit dan dapat bertahan di dalam tubuh selama 10-50 hari. Jadi, apa yang kita minum sangat mempengaruhi kesehatan kita. Untuk menjaga kebutuhan minum tetap terpenuhi kita dapat melakukan:

  1. Minum setiap 1-2 jam
  2. Minum sebelum haus
  3. Selalu membawa air minum saat beraktivitas
  4. Minum setiap istirahat
  5. Minum setelah makan

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui status hidrasi tubuh kita masing-masing, apakah air yang kita konsumsi sudah cukup menghidrasi tubuh kita atau masih kurang.

 

Oleh: Alfiy Nurrafi (Duta Museum Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Museum Air)

Referensi:

  • 25 Oktober 2022. Pentingnya Konsumsi Air Putih.
  • 11 Februari 2022. Pentingnya Air Untuk Tubuh kita.
  • maranatha. 11 November 2021. Pentingnya Peran Air Bagi Tubuh Kita.
  • 24 Maret 202. Ini Alasan Tubuh Perlu Air Putih Setiap Hari.

 

 

Berita Terpopuler


...
Raden Ayu Lasminingrat Tokoh Intelektual Pertama

by museum || 24 Oktober 2022

Raden Ayu Lasminingrat terlahir dengan nama Soehara pada than 1843, merupakan putri seorang Ulama/Kyai, Penghulu Limbangan dan Sastrawan Sunda, Raden Haji Muhamad Musa dengan Raden Ayu Ria. Lasmi ...


...
Siklus Air: Definisi, Proses, dan Jenis Siklus Air

by museum || 04 Juli 2023

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang diperlukan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Untungnya, air adalah sumber daya alam terbarukan. Proses pembaharuan air berlangsung dalam ...


...
Batik Kawung

by museum || 02 Juni 2022

Batik merupakan karya bangsa Indonesia yang terdiri dari perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia, yang membuat batik memiliki daya tarik adalah karena batik memiliki corak ...


...
Laksamana Malahayati Perempuan Pejuang yang berasal dari Kesultaan Aceh.

by museum || 12 September 2022

Malahayati adalah salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Sebagai perempuan yang berdarah biru, pda tahun 1585-1604, ia memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana ...


...
Pahlawan Perintis Pendidikan Perempuan Jawa Barat Raden Dewi Sartika (1884-1947)

by museum || 24 Mei 2022

Raden Dewi Sartika dilahirkan tanggal 4 Desember 1884 di Cilengka, Jawa Barat, puteri Raden Somanagara dari ibu Raden Ayu Rajapermas. Dewi Sartika menumpuh Pendidikan di Cicalengka. Di sekolah ia ...



Berita Terkait


...
SEMINAR PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM TOKOH PEWAYANGAN NUSANTARA: JEJAK, PERAN, DAN RELEVANSI

by museum || 03 Maret 2021

Halo Sahabat MuseumKeterlibatan perempuan di berbagai bidang turut dikemas dalam lakon pewayangan. Mulai dari berperang, berpolitik, dan berkeluarga. Setiap tokoh wayang perempuan digambarkan dengan ...


...
Workshop Membuat Poster Pendidikan dan Koleksi MPI UNY

by museum || 09 Maret 2021

Di masa pandemi ini banyak museum yang tutup dan tidak menerima kunjungan sementara. Duta Museum DIY harus tetap mempromosikan museum dengan mengadakan acara Jumpa Sahabat Museum melalui berbagai ...


...
Duta Museum DIY : Free Modelling Class Museum Tembi Rumah Budaya

by museum || 16 Maret 2021

Pada hari Jum'at, 12 Maret 2021 telah berlangsung kegiatan "Free Modelling Class" yang diinisiasi oleh Jossephine Daniella Iki selalu Duta Museum Untuk DIY 2020 untuk Museum Tembi Rumah Budaya. ...





Copyright@2024

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta