Pedoman pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra Jawa (Kesimpulan & Saran)

by admin|| 10 Maret 2014 || 44.630 kali

...

A. Kesimpulan

1. Renstra pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra Jawa melalui penggalian nilai naskah kuna dan aneka kegiatan lain, amat penting bagi identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

2. Renstra tahun 2008/2009 ini akan memberikan rambu-rambu pemerintah secara komprehensif di bidang pengembangan kebudayaan di DIY.

3. Renstra ini membutuhkan uraian tentang landasan filosofis pengembangan bahasa dan sastra Jawa, landasan kebijakan, dan operaional program ayng tertata.

4. Renstra ini merupakan perwujudan keputusan Konggres Bahasa Jawa IV sebagai tonggak kegiatan penting sebagai media untuk menemukan jalan tengah, solusi, menetapkan rumusan-rumusan dan rekomendasi dalam rangka pemberdayaan aksara, bahasa, sastra, dan budaya Jawa sebagai identitas lokaf.

5. Sosialisasi keputusan dan rekomendasi KBJ IV yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY tahun 2007 yang lalu merupakan upaya untuk memasyarakatkan keputusan-keputusan dan rekomendasi KBJ. Karena tanpa dukungan masyarakat, keputusan dan rekomendasi yang sudah disusun tidak akan dapat terfaksana secara maksimal.

6. Sosialisasi keputusan dan rekomendasi KBJ IV juga dimaksudkan untuk menjaring aspirasi, ide, dan gagasan dad kalangan guru, akademisi, maupun masyarakat umum pemerhati aksara, bahasa, dan budaya Jawa dalam rangka pemberdayaan aksara, bahasa, dan budaya Jawa.

7. Perwujudan keputusan KBJ IV yang telah tersosialisasi diperlukan rencana strategis yang disusun oleh Dinas Kebudayaan Propinsi DIY merupakan upaya untuk memberdayakan aksara, bahasa, sastra, dan budaya Jawa di DIY.

Rencana strategis ini disusun berdasarkan:

(1) Hasil keputusan dan rekomendasi Kongres Bahasa Jawa (KBJ) IV di Jawa Tengah tanggal 10 sampai dengan 14 September 2006,

(2) Materi yang disampaikan oleh para pemakalah dalam sosialisasi keputusan dan rekomendasi KBJ IV,

(3) Usulan, tanggapan, dan gagasan dad para peserta sosialisasi keputusan dan rekomendasi KBJ IV,

(4) Angket terbuka yang diisi oleh sefuruh peserta sosialisasi keputusan dan rekomendasi KBJ IV.

Keempat hal itu dirangkum ulang, dicarikan solusi, dan direfleksikan lagi untuk menemukan langkah yang lebih efektif dan efesien, sekaligus menyiapkan KBJ IV di Jawa Timur tahun 2011 yang akan datang.

8. Rencana strategis yang sudah disusun seyogyanya dapat difaksanakan melalui kerjasama yang sinergis antarinstansi terkait, sesuai dengan tingkat kepentingan, dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

 

B. Saran

1. Pelaksanaan Renstra ibi perlu dijalin kerjasama yang harmonis dan sinergis antarinstansi, lembaga, dan institusi terkait bahasa, sastra, dan budaya Jawa demi keterlaksanaan dan keberhasilan program yang telah direncanakan. Dinas-dinas terkait, terutama Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendidikan perlu mengadakan kerjasama harmonis yang

2. Dinas Kebudayaan semestinya melakukan komitmen dalam menjalankan Renstra ini secara sistematis, tertata, dan bersifat partisipatif.

3. Seluruh warga Yogyakarta seyogyanya menerima informasi Renstra ini, agar memahami apa yang akan, sedang, dan akan dilaksanakan dalam pelestarian dan pengembangan bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara menyeluruh.

Artikel Terpopuler


...
Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo

by admin || 04 Maret 2014

Kanjeng Raden Tumenggung Madukusumo. Dilahirkan pada tanggal 22 Maret 1899 di Yogyakarta Putera Ngabehi Prawiroreso ini pada tahun 1909 tamat Sekolah Dasar di Gading dan Tahun 1916 masuk menjadi ...



...
Raden Wedono Larassumbogo

by admin || 04 Maret 2014

Raden Wedono Larassumbogo, putra kedua dari R. Sosrosidurejo ini dilahirkan di Kampung Bumijo Yogyakarta  pada tanggal 27 Juli 1884 atau 12 Dulkongidah wawu 1813. Pada masa kecilnya ...



Artikel Terkait


...
Pedoman Pelestarian dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Jawa (1)

by admin || 10 Maret 2014

SAMBUTAN KEPALA DINAS KEBUDAYAAN PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bahasa dan sastra Jawa merupakan refleksi budaya masyarakat Jawa yang dalam sejarahnya ...


...
Pedoman Pelestarian dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Jawa (2)

by admin || 10 Maret 2014

Setelah sedikit berlelah njajah desa milang kori dalam khasanah bahasa dan sastra Jawa, alhamdullillah wa syukurillah akhirnya masih bisa kami temukan beberapa genggam benih yang siap ditabur, ...


...
Pedoman Pelestarian dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Jawa (3)

by admin || 10 Maret 2014

A. Visi dan Misi Pengembangan Kebahasan dan Kesasteraaan Visi bidang kebahasaan dan kesasteraan adalah menggali nilai-nilai luhur bangsa yang tercermin dalam berbagai peninggalan leluhur, berupa ...





Copyright@2019

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta