Mengikuti Studi Lapangan Pengembangan Kesehatan Tradisional

by pamongbudaya|| 26 November 2019 || || 177 kali

...

Dinas Kebudayaan DIY diundang oleh Dinas Kesehatan DIY untuk mengikuti Studi Lapangan Pengembangan Kesehatan Tradisional dengan tujuan ke Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) di Pekalongan Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat 20 September 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan kesehatan tradisional dengan penanggungjawab program kesehatan tradisional. Selain itu juga untuk mengetahui persiapan pembuatan jamu, mengetahui cara produksi jamu, mengetahui pelayanan dan pengelolaan jamu serta untuk mengetahui keberlangsungan kegiatan sertifikasi dan pelayanan jamu. Kegiatan ini diikuti oleh ASN dari Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan dari 5 kabupaten / kota di DIY, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Parwisatan DIY, BPKAD DIY, dan SP3T (Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional ) DIY.

Saintifikasi Jamu adalah upaya dan proses pembuktian ilmiah jamu melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan. Tujuan adalah untuk memberikan landasan ilmiah (evidence based) penggunaan jamu secara empiris melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan karena para dokter dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah amat kuat keinginannya bersama ilmuwan/ akademisi mengangkat jamu sebagai ikon Sehat, Bersama Rakyat. Ruang lingkup saintifikasi jamu meliputi upaya preventif, promotif, rehabilitatif dan paliatif.

Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) yang terletak di di Pekalongan Jawa Tengah merupakan lembaga yang berada di bawah Dinas Kesehatan kota Pekalongan. Didirikan tahun 2015 dengan dukungan dari Kementrian Kesehatan. Di sini terdapat klinik berobat untuk masyarakat umum dengan obat yang diberikan adalah jamu. Selain itu di sini juga terdapat tempat untuk mengolah jamu dan tempat penelitian untuk pengembangan dan inovasi jamu.

Dengan kunjungan ini diharapkan agar kedepannya Dinas Kesehatan DIY dan dinas-dinas terkait di DIY dapat mempersiapkan kelembagaan dan fasilitas sejenis sehingga dapat untuk mengembangkan potensi jamu yang ada di DIY. (DD)