TIGA remaja masing-masing Fathimah Az-Zaharo, Diyanto dan Ahmad Alawi Hasan dari Teater Waplo, keluar sebagai juara I Lomba Baca Puisi bagi Remaja DIY yang diselenggarakan Balai Bahasa DIY, Rabu (5/10). Teater Waplo menyisihkan 49 peserta lomba lainnya.

Dewan juri yang terdiri dari Ratun Untoro MHum, Drs Syamsul Arifin MHum dan Arif Rahmanto memilih lima finalis yang kemudian menentukan urutan kejuaraan. Juara II KMSI FBS Universitas Negeri Yogyakarta, juara III Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, juara IV Teater Pena dan juara V MTsN Yogyakarta 1.

Pada babak final, kelompok yang terdiri dari tiga orang, membawakan puisi wajib 'Puisi Jalanan' karya Emha Ainun Najib. Sedang pada babak penyisihan panitia menyediakan beberapa puisi pilihan. Masing-masing: 'Sebuah Radio, Kumatikan' (Dorothea Rosa Herliany), 'Mengingatmu' Evi Idawati, 'Angin Negeri Anak Gembala' (Iman Budhi Santosa), 'Yogya' (Raudal Tanjung Banua), dan 'Melodia' (Umbu Landu Paranggi).

Kepala Balai Bahasa DIY Dr Tirto Suwondo MHum berpesan, kepada para juara, agar kemenangan tersebut bukan menjadi yang pertama dan terakhir. Hendaknya pada kesempatan lain tetap bisa menjadi juara. Para juara mendapat trofi, dan uang pembinaan. (War)