WONOSARI (KRJogja.com) - Pemerintah Desa Wiladeg mengadakan gelar budaya di kompleks balai desa setempat, Sabtu (08/20/2016). Berbagai kesenian ditampilkan dalam gelar budaya tersebut diantaranya kenduri, sedekah, puputan, salawat, tari tradisional, seni karawitan, gejog lesung, wayang, sendratari, dan berbagai jenis kesenian lainnya. “ Setiap dusun di Desa Wiladeg memiliki banyak kesenian. Melalui gelar budaya sebagai bentuk melestarikan kesenian di masyarakat,” kata Kepala Desa Wiladeg Kaniyo di sela-sela acara.

Diungkapkan, pembinaan seni wayang dilakukan secara rutin. Bahkan setiap seminggu sekali dilaksanakan latihan dibalai desa. Gelar budaya diharapkan memberikan semangat bagi seluruh masyarakat di Desa Wiladeg, untuk tetap melestarikan kesenian lokal di masyarakat. “Selain itu, melalui gelar budaya memfasilitasi pameran kuliner maupun usaha industri rumah tangga,” jelasnya.

Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul CB Supriyanto menambahkan, sebanyak 12 desa di Gunungkidul melaksanakan gelar budaya. Melalui agenda ini untuk melestarikan budaya, karena sangat menonjol di DIY. Bahkan Gunungkidul kini sudah memiliki rintisan 12 desa budaya. (Ded)