SLEMAN (KRjogja.com) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman akan  menggelar Lomba Mendongeng Bahasa Jawa yang diperuntukkan bagi guru PAUD/TK/SD/MI  dan siswa SD/MI, Sabtu-Minggu 29-30 Oktober 2016 di Museum Gunungapi Merapi (MGM) Jalan Boyong Pakem Sleman Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM menjelaskan lomba Mendongeng Bahasa Jawa tersebut dimaksudkan sebagai salah satu wahana untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan kembali Bahasa dan Sastra Jawa yang pada saat ini dirasa kurang diminati dan kurang diperhatikan. Padahal Bahasa dan Sastra Jawa memiliki peran yang penting untuk menginternalisasikan pola sikap, pola perilaku dan nilai budaya 'ketimuran' yang mengedepankan pada sikap sopan santun dan unggah ungguh yang bermartabat.   

"Melalui Lomba Mendongeng Bahasa Jawa ini kedepan masyarakat khususnya dikalangan pendidikan dasar dapat lebih memiliki sikap handarbeni terhadap kekayaan yang tak ternilai harganya, untuk kemudian meningkatkan kesadaran dalam melestarikan dan memanfaatkan Bahasa Jawa dalam pergaulan sehari-hari."

Pendaftaran peserta hingga 21 Oktober 2016 di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Lomba akan dilaksanakan pada Sabtu 29 Oktober 2016 jam 09.00 WIB untuk kategori siswa SD/MI dan Minggu 30 Oktober 2016 Jam 09.00 WIB untuk kategori Guru PAUD/TK/SD/MI di Jogja Bay Waterpark Depok Sleman. 

Adapun ketentuan lomba kategori siswa SD/MI adalah sbb: peserta merupakan pelajar SD/MI se-KabupatenSleman, setiap sekolah hanya mengirimkan maksimal 2 (dua) orang peserta dengan 1 (satu) guru pendamping, materi dongeng bebas dengan tema binatang (fabel), naskah dikumpulkan saat mendaftar atau dapat dikirim via email ke disbudparsleman@gmail.com, durasi mendongeng selama 10 menit. (*)